Warnet LINUX: Simple Tutorial How To (Part 3)

Wednesday, September 05, 2007

Aplikasi yang Digunakan

Apa yang Dibutuhkan Konsumen?
Seperti yang sudah dikemukakan di atas, sebagian besar pelanggan akan datang ke warnet anda untuk browsing, chatting dan mengecek e-mail. Juga, mereka membutuhkan Office Suite untuk membaca data yang dikirim oleh mitra mereka.

Internet Browser
Ada bebrapa pilihan Internet Browser yang dapat digunakan, namun, penulis menggunakan Netscape Communicator 4.7, yang cukup lengkap dan mudah digunakan.

IRC Client
Pemakai Linux akan sangat berterima kasih pada kvIRC. KvIRC merupakan IRC client yang sangat bagus, bahkan tampilannya mengalahkan pesaing-pesaing lainnya. Penulis juga menggunakan kvIRC untuk IRC Client.

Mail Client
Ini adalah salah satu hal yang agak sulit di Linux. Masih sangat sedikit mail client yang sekelas dengan Eudora dan Outlook Express. Penulis menyediakan Netscape Mail dan KMail untuk keperluan ini. Sebuah keberuntungan besar yang ada ialah bahwa ternyata kebanyakan pelanggan warnet menggunakan WEB Mail. Jadi, Netscape Navigator sudah lebih dari cukup untuk keperluan mereka.

Office Suite
Warnet anda membutuhkan Office Suite yang baik, mudah digunakan dan bisa membuka file-file dengan format yang digunakan oleh sistem operasi lain. Penulis menggunakan StarOffice untuk kebutuhan ini. Memang, StarOffice cukup berat dan agak lambat dijalankan, namun fasilitas yang ada di dalamnya akan sangat mengurangi keluhan pelanggan.

Aplikasi Lainnya
Ada beberapa aplikasi yang bagus jika anda miliki, namun tidak harus anda miliki.

WEB Server
Browser anda akan membuka sebuah halaman pada saat dijalankan. Walau anda dapat menggunakan halaman kosong atau sebuah Homepage milik orang lain, namun alangkah bagusnya jika anda telah menyiapkan sebuah web server di warnet anda, dan menyediakan link-link yang mereka perlukan. Ini adalah hal kecil, namun akan sangat membantu pelanggan yang masih buta akan Internet.

WEB Mail
Waktu akses sangat penting bagi pelanggan. Untuk menggunakan webmail, diperlukan waktu yang sangat lama, karena servernya berada di tempat lain. Hal ini, selain menjengkelkan pelanggan, juga memboroskan bandwidth anda. Ada beberapa WEB Mail yang gratis untuk Linux. Anda dapat mencobanya, dan sekali berhasil, anda dan pelanggan anda akan sangat puas.

Telnet dan FTP Client
Beberapa pelanggan yang sudah mahir menggunakan Internet akan memerlukannya. Jangan pernah lupa untuk menyediakan layanan dasar ini. Untunglah, bahwa aplikasi ini tersedia di hampir semua OS dan distribusi Linux.

WEB Cache Proxy Server
Program ini mungkin kurang cocok disebut aplikasi, namun, seperti telah dijelaskan di atas, agar setiap user dapat mengakses Internet dengan lebih cepat, maka WEB Cache Proxy server seperti SQUID seharusnya diinstall.


One Last Note

Anda adalah pengguna Linux, dan menggunakan Linux untuk mencari uang. Padahal, anda memperoleh Linux dengan gratis. Seberapapun kemampuan anda, usahakanlah untuk selalu dapat membantu Linux. Langkah awal mungkin dengan memperkenalkan Linux di lingkungan anda. Langkah berikutnya mungkin dengan membagikan pengetahuan anda tentang Linux secara cuma-cuma, seperti anda memperoleh Linux dengan cuma-cuma. Jika anda tahu bahasa Inggris, mungkin anda dapat menerjemahkan program Linux atau dokumentasi Linux ke dalam bahasa Indonesia. Silakan "jalan-jalan" ke ldp.linux.or.id untuk melihat apa yang dapat anda bantu. Dan jika anda adalah seorang programmer, mungkin anda dapat ikut mengembangkan Linux.

Source: Adi Nugroho

Digg this
Diposting oleh BTVideo di 3:03 PM  

0 komentar:

Post a Comment


Delicious Digg Technorati Reddit Furl BlinkList Yahoo! NewsVine Netscape Google Live Bookmark Netvouz Squidoo StumbleUpon Magnolia.png
Open Source Is Never Die - Free AdSense Tips e-Book